Senin, 03 September 2018

7 Penyebab Tes Kehamilan Positif Positif

Tes kehamilan di rumah adalah alat umum yang digunakan untuk mencari tahu apakah Anda mengharapkannya. Sebagian besar tes kehamilan di rumah adalah dipstik. Mereka ditempatkan ke dalam aliran urin. Tongkat ini kemudian dapat mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG). Ini adalah hormon yang diproduksi selama awal kehamilan.

Beberapa tes kehamilan mendeteksi hCG pada awal kehamilan. Tes kehamilan di rumah yang tepercaya bisa sangat akurat, tetapi tidak bisa dibilang sangat mudah.

Positif palsu dan negatif dapat terjadi karena berbagai alasan. Penting juga untuk diingat bahwa setelah Anda menjalani tes kehamilan positif, temui dokter untuk memulai perawatan pralahir dini.

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesalahan positif pada tes kehamilan di rumah.
1. Kehamilan kimia

Anda bisa memiliki tes kehamilan positif bahkan jika Anda tidak hamil secara teknis. Ini disebut positif palsu.

Terkadang disebabkan oleh kehamilan kimia. Kehamilan kimia terjadi jika telur yang dibuahi, yang dikenal sebagai embrio, tidak dapat ditanam, atau tumbuh, sangat dini. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Kehilangan kehamilan dini tidak terjadi karena apa pun yang dilakukan wanita. Ini mungkin akibat dari masalah di dalam rahim, seperti:

    fibroid
    jaringan parut
    anomali uterus kongenital yang menyebabkan uterus yang tidak beraturan

Sejumlah hormon tertentu, seperti progesteron, dapat mengurangi kemungkinan implantasi dan pertumbuhan embrio.

Beberapa penyebab kehamilan kimia tidak diketahui.

Kehamilan kimia dianggap sangat umum, tetapi biasanya tidak terdeteksi jika tes kehamilan tidak dilakukan. Hasil tes awal ini, ketika salah, dapat menguras emosi.

Karena itu, disarankan Anda menunggu untuk menggunakan tes kehamilan di rumah sampai satu minggu setelah Anda memperkirakan periode Anda dimulai.
2. Kehamilan ektopik

Terkadang telur yang dibuahi dapat berimplantasi sendiri di luar rongga utama uterus. Ini menyebabkan kehamilan ektopik terjadi.

Kehamilan ektopik biasanya terjadi jika telur yang dibuahi terjebak di tuba fallopi selama perjalanannya ke rahim. Jenis kehamilan ektopik juga dikenal sebagai kehamilan tuba.

Berikut ini dapat menyebabkan kehamilan ektopik:

    jaringan parut atau peradangan di tuba fallopii
    tuba fallopi yang tidak sesuai
    riwayat infeksi uterus masa lalu

Kehamilan ektopik juga dapat terjadi di serviks, indung telur, atau rongga perut.

Kehamilan ektopik tidak bisa terus menjadi kehamilan normal. Embrio tidak dapat hidup, karena tidak ada tempat untuk tumbuh atau berkembang di luar rahim.

Embrio masih akan menghasilkan hCG, meskipun sudah ditanam di tempat yang salah. Itu bisa menyebabkan pembacaan positif palsu pada tes kehamilan di rumah.

Kehamilan ektopik adalah keadaan darurat medis. Kehamilan ektopik dapat merusak wanita jika tidak ditangani. Kehilangan darah yang ekstrim atau kehilangan organ reproduksi dapat terjadi.

Gejala kehamilan ektopik meliputi:

    mual dan nyeri payudara, yang juga merupakan gejala kehamilan normal
    gelombang rasa sakit yang tajam di perut, panggul, bahu, atau leher
    sakit parah di satu sisi perut
    bercak atau perdarahan vagina ringan sampai berat
    pusing atau pingsan
    tekanan pada rektum Anda

Carilah bantuan medis segera jika Anda mencurigai Anda mengalami kehamilan ektopik.
3. Keguguran atau aborsi baru-baru ini

Anda dapat terus melakukan tes positif untuk kehamilan setelah kehilangan kehamilan, baik karena keguguran atau aborsi.

Selama kehamilan, kadar hCG terus meningkat saat plasenta tumbuh, dua kali lipat setiap beberapa hari dan memuncak sekitar 10 minggu. Ketika kehamilan berakhir, kadar hCG mulai surut, tetapi itu adalah proses yang lambat.

Hormon dapat tetap berada di dalam darah dan urine Anda hingga enam minggu setelah akhir kehamilan. Ada kemungkinan untuk melakukan uji positif palsu sampai kadar hCG Anda kembali ke kondisi prahamil mereka.

Jika keguguran spontan, mungkin juga tidak semua jaringan yang berhubungan dengan kehamilan dihapuskan. Ini akan menyebabkan kadar hCG tetap tinggi.

Ketika ini terjadi, prosedur bedah kecil yang disebut pelebaran dan kuretase (D dan C) sering diperlukan untuk mengangkat jaringan.
4. Kesalahan pengguna

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, tes kehamilan di rumah tidak bisa dibilang sia-sia. Penting untuk mengikuti petunjuk paket dengan tepat. Periksa tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakan tes.

Bahkan dengan pengamanan ini, kesalahan pengguna dapat terjadi. Salah satu kesalahan paling umum adalah mengambil tes terlalu dini selama siklus Anda. Ini dapat menyebabkan false positive atau false positive.

Penting juga untuk menggunakan tes saat urin Anda tidak terlalu encer dengan air. Gunakan tes ketika urin Anda sangat terkonsentrasi, seperti ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari.

Membiarkan dipstick dalam aliran air kencing Anda untuk jumlah waktu yang ditentukan juga penting. Pertimbangkan pengaturan timer pada stopwatch atau telepon Anda. Itu dapat membantu Anda melacak berapa lama dipstick berada di aliran air kencing Anda.

Anda akan ingin menggunakan pengatur waktu lagi saat Anda menunggu hasil Anda. Memeriksa hasil Anda selama kerangka waktu hasil juga penting.
5. Garis penguapan

Kadang-kadang garis penguapan dapat disalahartikan sebagai tes kehamilan positif. Beberapa tes di rumah menunjukkan dua garis ketika hCG terdeteksi dan satu baris ketika hCG tidak terdeteksi.

Garis biasanya berwarna cerah, seperti merah muda, merah, atau biru. Kadang-kadang, garis kedua berwarna samar akan muncul. Garis ini dapat mewakili kehamilan awal atau mungkin garis evaporasi.

Itu mungkin garis penguapan jika garisnya benar-benar tidak berwarna.

Garis penguapan mungkin muncul pada tes yang Anda lihat setelah urin Anda menguap sepenuhnya. Kadang-kadang mereka disebabkan oleh tingkat hormonal yang tidak mewakili kehamilan.

Cara terbaik untuk menghindari kebingungan dengan garis penguapan adalah mengikuti arah waktu pengujian persis seperti yang diberikan.


6. Obat-obatan

Jika Anda mencoba untuk hamil di bawah perawatan dokter, Anda mungkin mengonsumsi obat kesuburan.

Salah satunya adalah pemicu hCG sintetis, dijual dengan nama merek berikut:

    Novarel
    Pregnyl
    Ovidrel
    Profasi

HCG shot membantu folikel melepaskan telur matang. Ini dapat menyebabkan pembacaan positif palsu pada tes kehamilan di rumah, terutama jika tesnya diambil terlalu awal.

Obat-obatan lain juga dapat menyebabkan tes kehamilan positif palsu. Mereka termasuk tetapi tidak terbatas pada:

    obat anti-kecemasan, seperti diazepam (Valium) atau alprazolam (Xanax)
    antipsikotik, seperti clozapine atau chlorpromazine
    antikonvulsan, seperti fenobarbital atau barbiturat lainnya
    Obat penyakit Parkinson, termasuk bromocriptine (Parlodel)
    diuretik, seperti furosemide (Lasix, Diuscreen)
    antihistamin, termasuk promethazine
    metadon (Dolophine)

7. Kondisi medis tertentu

Jarang, kondisi medis tertentu dapat menyebabkan tes kehamilan di rumah untuk memberikan positif palsu. Ini termasuk:

    Infeksi saluran kemih
    penyakit ginjal yang menyebabkan darah atau sel darah putih dalam urin
    kista ovarium, terutama kista korpus luteum
    penyakit yang lebih serius, seperti kanker ovarium
    masalah hipofisis (sangat jarang)

Langkah selanjutnya

Hasil tes kehamilan di rumah yang positif harus selalu ditindaklanjuti dengan janji dokter. Dokter Anda mungkin memberi Anda tes urin atau darah untuk mengkonfirmasi hasil dan memantau kadar hCG Anda.

Anda juga bisa mendapatkan ultrasound transvaginal untuk mencari kantung kehamilan sebagai konfirmasi bahwa kehamilan berjalan normal.

Jika Anda menerima positif palsu, kunjungan dokter Anda akan menentukan itu. Mungkin sangat melegakan untuk mengetahui bahwa Anda tidak hamil.

Tetapi jika Anda bersemangat dengan hasil awal Anda, itu bisa sangat menjengkelkan. Ingat bahwa kesalahan positif bisa terjadi dan itu bukan tanda bahwa Anda tidak akan pernah hamil.

Jika Anda mencoba tidak berhasil untuk hamil selama beberapa waktu, terutama jika Anda berusia di atas 35 tahun, pertimbangkan untuk bekerja dengan spesialis infertilitas.

Ada juga kelompok pendukung di mana Anda dapat menemukan inspirasi dan memperoleh pengetahuan dari wanita yang telah melalui hal yang sama.

Bekerja satu lawan satu dengan terapis, anggota keluarga, atau teman tepercaya juga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar