Senin, 03 September 2018

Gangguan Afektif Musiman

Gangguan Afektif Musiman (Gangguan Depresi Utama dengan Pola Musiman)

    Penyebab
    Gejala
    Diagnosa
    Perawatan
    Mencari bantuan

Apa itu gangguan afektif musiman?

Gangguan afektif musiman (SAD) adalah istilah yang lebih tua untuk gangguan depresi mayor (MDD) dengan pola musiman. Ini adalah kondisi psikologis yang menghasilkan depresi, biasanya dipicu oleh perubahan musiman. Orang-orang biasanya mengalami kondisi di musim dingin. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita dan pada remaja dan dewasa muda.
Apa penyebab gangguan afektif musiman?

Penyebab pasti SAD (MDD dengan pola musiman) tidak diketahui. Faktor yang berkontribusi dapat bervariasi dari orang ke orang. Namun, orang-orang yang tinggal di beberapa bagian negara yang memiliki malam musim dingin yang panjang (karena garis lintang yang lebih tinggi) dan sinar matahari yang lebih sedikit lebih mungkin mengalami kondisi tersebut. Sebagai contoh, SAD lebih umum di Kanada dan Alaska daripada di Florida yang lebih cerah.

Cahaya dianggap mempengaruhi SAD. Satu teori adalah bahwa penurunan paparan sinar matahari mempengaruhi jam biologis alami yang mengatur hormon, tidur, dan suasana hati. Teori lain adalah bahwa bahan kimia otak yang bergantung pada cahaya lebih banyak dipengaruhi oleh mereka yang menderita SAD.

Orang-orang yang anggota keluarganya memiliki riwayat kondisi psikologis juga berisiko lebih besar untuk SAD.
Apa saja gejala gangguan afektif musiman?

Sementara SAD mempengaruhi orang secara berbeda, gejala paling umum dimulai pada bulan Oktober atau November dan berakhir pada bulan Maret atau April. Namun, mungkin mengalami gejala sebelum atau sesudah waktu ini.

Secara umum, ada dua jenis SAD: wintertime dan musim panas.

Gejala musim dingin SAD termasuk:

    Kelelahan siang hari
    kesulitan berkonsentrasi
    perasaan putus asa
    peningkatan iritabilitas
    kurangnya minat dalam kegiatan sosial
    kelesuan
    mengurangi minat seksual
    ketidakbahagiaan
    penambahan berat badan

Gejala musim panas SAD meliputi:

    agitasi
    kesulitan tidur
    meningkatkan kegelisahan
    kurang nafsu makan
    penurunan berat badan

Dalam kasus yang parah, orang dengan SAD dapat mengalami pikiran untuk bunuh diri.
Bagaimana gangguan afektif musiman didiagnosis?

Gejala-gejala SAD dapat mencerminkan beberapa kondisi lainnya. Ini termasuk:

    gangguan bipolar
    hipotiroidisme
    mononucleosis

Seorang dokter dapat merekomendasikan beberapa tes untuk mengesampingkan kondisi ini sebelum mereka dapat mendiagnosis SAD, seperti tes hormon tiroid dengan tes darah sederhana.

Seorang dokter atau psikiater akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala Anda dan ketika Anda pertama kali memerhatikan mereka. Orang-orang dengan SAD cenderung mengalami gejala setiap tahun. Ini biasanya tidak terkait dengan peristiwa emosional, seperti berakhirnya hubungan romantis.
Bagaimana gangguan afektif musiman dirawat?

Kedua bentuk SAD dapat diobati dengan konseling dan terapi. Perawatan lain untuk SAD pada musim dingin adalah terapi cahaya. Ini melibatkan penggunaan kotak lampu khusus atau visor setidaknya 30 menit setiap hari untuk meniru cahaya alami.

Pilihan pengobatan lainnya adalah simulator fajar. Ia menggunakan lampu yang diaktifkan dengan pengatur waktu untuk meniru matahari terbit, yang membantu menstimulasi jam tubuh.

Terapi cahaya harus digunakan hanya di bawah pengawasan dokter dan pada perangkat yang disetujui. Sumber pemancar cahaya lainnya, seperti tanning bed, tidak aman untuk digunakan.

Kebiasaan gaya hidup sehat juga dapat membantu meminimalkan gejala SAD. Ini dapat termasuk:

    diet sehat dengan protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran
    olahraga
    tidur teratur

Beberapa orang mendapat manfaat dari obat-obatan seperti antidepresan. Ini mungkin termasuk obat-obatan seperti fluoxetine (Prozac) dan bupropion (Wellbutrin). Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat mana yang terbaik untuk mengobati gejala Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar