Senin, 03 September 2018

Kapan Anda Harus Melakukan Tes Kehamilan

Cara kerja tes kehamilan

Pikirkan Anda mungkin hamil?

Bahkan dengan metode pengendalian kelahiran yang paling efektif, selalu ada peluang untuk kesalahan. Lagi pula, hanya dibutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur. Mencari tahu apakah hal itu terjadi semudah mengambil tes kehamilan over-the-counter (OTC).

Tes kehamilan OTC biasanya menguji urin Anda untuk hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG). HCG hanya ada jika Anda hamil. Hormon hanya dilepaskan jika telur yang dibuahi menempel di luar rahim atau ke lapisan uterus Anda.

Ada berbagai cara untuk mengumpulkan urin Anda untuk tes. Tergantung pada tes yang Anda pilih, Anda mungkin harus:

    kumpulkan urin Anda dalam cangkir dan celupkan tongkat uji ke dalam cairan
    kumpulkan air seni Anda dalam cangkir dan gunakan obat tetes mata untuk memindahkan sejumlah kecil cairan ke dalam wadah khusus
    letakkan tongkat uji ke area aliran urin yang Anda harapkan sehingga akan menangkap aliran urin Anda

Menurut Cleveland Clinic, sebagian besar tes 99 persen efektif jika diambil setelah periode yang terlewatkan. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat melakukannya dalam privasi rumah Anda sendiri. Cukup buka tes, ikuti instruksi, dan tunggu waktu yang disarankan untuk melihat hasilnya.

Setelah waktu tunggu yang disarankan telah berlalu, tes akan menampilkan hasil Anda dengan salah satu cara berikut:

    perubahan warna
    sebuah garis
    simbol, seperti plus atau minus
    kata-kata "hamil" atau "tidak hamil"

Seberapa cepat Anda bisa menjalani tes kehamilan?

Anda harus menunggu untuk melakukan tes kehamilan hingga minggu setelah periode yang terlewat untuk hasil yang paling akurat.

Jika Anda tidak ingin menunggu sampai Anda melewatkan periode Anda, Anda harus menunggu setidaknya satu hingga dua minggu setelah Anda melakukan hubungan seks. Jika Anda hamil, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembangkan kadar HCG yang terdeteksi. Ini biasanya membutuhkan tujuh hingga 12 hari setelah implantasi telur yang sukses.

Anda mungkin menerima hasil yang tidak akurat jika tes diambil terlalu awal dalam siklus Anda.

Berikut beberapa tanda bahwa Anda harus mengikuti tes kehamilan.
1. Anda melewatkan periode Anda

Salah satu tanda pertama dan paling dapat diandalkan dari kehamilan adalah periode yang terlewatkan.

Jika Anda tidak melacak siklus Anda dengan cermat, mungkin sulit untuk menentukan apakah Anda terlambat atau tidak. Banyak wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Pertimbangkan untuk mengambil tes jika sudah lebih dari sebulan sejak periode terakhir Anda.

Perlu diingat bahwa menstruasi Anda kadang-kadang bisa tertunda atau dilewati karena stres, diet, olahraga, atau kondisi medis tertentu.

Juga perhatikan aliran Anda jika Anda mencurigai kehamilan. Sangat umum mengalami pendarahan atau bercak ringan pada minggu-minggu awal saat telur mengubur lebih dalam ke lapisan rahim selama implantasi. Catat perbedaan warna, tekstur, atau jumlah darah.

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan dan tes kehamilan positif.
2. Anda mengalami kram

Implantasi juga dapat menghasilkan perasaan yang mirip dengan kram menstruasi. Pada awal kehamilan, Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan ini dan berpikir bahwa menstruasi Anda sudah dekat, tetapi kemudian tidak pernah datang.

Terdengar akrab? Ikuti tes. Kadar hormon bervariasi menurut wanita dan oleh kehamilan.
3. Payudara Anda sakit

Ketika kehamilan Anda menghasilkan lebih banyak estrogen dan progesteron, hormon-hormon ini mulai melakukan perubahan dalam tubuh Anda untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Payudara Anda mungkin terasa lembut dan tampak lebih besar karena meningkatnya aliran darah. Puting Anda mungkin sakit dan vena mungkin terlihat lebih gelap di bawah kulit.

Karena banyak wanita juga mengalami ketidaknyamanan pada hari-hari menjelang menstruasi, gejala ini tidak selalu menunjukkan kehamilan.
4. Anda merasa berbeda

Seiring dengan kram dan sakit payudara, kehamilan awal dapat menyebabkan:

    mual
    keengganan makanan
    kelelahan
    sering buang air kecil

Seiring berminggu-minggu, gejala-gejala ini mungkin menjadi lebih kuat sebelum tingkat HCG Anda bahkan keluar di akhir trimester pertama. Anda mengenal diri sendiri, jadi perhatikan tubuh Anda. Gejala fisik yang tidak biasa dapat mendorong Anda untuk melakukan tes kehamilan.

5. Kontrasepsi Anda gagal

Pil KB, kondom, dan jenis alat kontrasepsi lainnya tidak memberikan perlindungan 100 persen dari kehamilan. Dengan kata lain, selalu ada sedikit peluang untuk hamil, tidak peduli seberapa hati-hati Anda.

Terlepas dari preferensi kontrol kelahiran Anda, pertimbangkan untuk mengambil tes jika Anda mengalami salah satu tanda yang telah kami cantumkan.

Kesalahan manusia atau cacat juga bisa mengakibatkan kehamilan yang tidak direncanakan. Pil KB dapat sulit diingat untuk dikonsumsi setiap hari. Menurut Planned Parenthood, 9 dari setiap 100 wanita yang menggunakan pil akan hamil jika mereka tidak menerimanya sesuai petunjuk.

Kondom dapat pecah dan robek atau jika tidak digunakan secara tidak benar. Menurut Planned Parenthood, hampir 18 dari setiap 100 wanita yang mengandalkan kondom untuk kontrasepsi hamil setiap tahun.

Jika Anda khawatir tentang kegagalan kontrasepsi, tanyakan dokter Anda tentang metode kontrasepsi alternatif, seperti alat kontrasepsi dalam rahim (IUD). Menurut Planned Parenthood, kurang dari satu dari setiap 100 wanita yang menggunakan AKDR hamil setiap tahun.
Jika ragu, uji!

Wanita yang aktif secara seksual dalam masa reproduksinya memiliki peluang untuk hamil setiap bulan, bahkan ketika menggunakan perlindungan. Ada beberapa sinyal yang mungkin dikirim oleh tubuh Anda yang seharusnya mendorong Anda untuk melakukan tes kehamilan.

Untuk hasil terbaik, ikuti tes setelah Anda berpikir Anda melewatkan periode Anda. Uji selama kunjungan kamar mandi pagi pertama Anda, atau tahan selama beberapa jam untuk meningkatkan konsentrasi hormon HCG yang diukur tes.

Menguji awal membantu untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk diri sendiri dan, jika berlaku, perawatan sebelum melahirkan untuk bayi Anda. Jika hasil positif, hubungi dokter Anda sesegera mungkin untuk mendiskusikan pilihan Anda dan kemungkinan langkah selanjutnya.
T & J: Seberapa akurat tes kehamilan di rumah?
Q:

Seberapa akurat tes kehamilan di rumah?
SEBUAH:

Tes kehamilan di rumah (HPT) cukup akurat. Mereka bekerja dengan mendeteksi keberadaan human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin, yang diproduksi ketika kehamilan terjadi. Namun, berbagai merek tes dapat mengenali jumlah hormon yang berbeda. Tingkat hCG sangat rendah di awal kehamilan, menyebabkan beberapa HPT memberi hasil negatif palsu. Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih belum memiliki periode Anda dalam beberapa hari, Anda harus menguji ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar